Jenis-jenis Oven dan Perbedaannya dengan Microwave

Oven merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan, memanggang dan mengeringkan. Oven terdiri dari beberapa jenis, yaitu oven kompor, oven konvensional, oven listrik, dan oven microwave yang memiliki fungsi ganda.

Jenis-jenis Oven

Adalah oven yang menggunakan panas dari api kompor. Oven ini cukup terjangkau untuk dimiliki skala rumah tangga, namun sayangnya oven ini tidak memiliki pengaturan suhu sesuai dengan yang diinginkan.

  • Oven konvensional

Adalah oven yang bekerja dengan elemen listrik untuk memasak atau dengan pembakar gas. Panas akan memancar dan mendorong udara dingin bawah yang dapat menyebabkan proses memasak atau pemanggangan yang tidak merata.

Adalah oven yang menggunakan sumber panas dari listrik. Oven jenis ini lebih efisien dari oven kompor karena suhunya bisa disesuaikan, namun sayangnya memiliki harga yang lebih tinggi dari pada oven kompor.

  • Oven konveksi

Cara kerja oven konveksi sedikit berbeda dari yang lainnya. Di oven konveksi terdapat kipas angin di belakang yang memaksa sirkulasi udara ke seluruh oven, sehingga memasak makanan akan lebih merata.

  • Oven microwave

Oven microwave digunakan untuk memanaskan dan mencairkan serta menggunakan gelombang radio untuk melakukan semua proses ini.

  • Oven microwave dengan konveksi

Merupakan oven microwave yang memiliki fungsi ganda, dimana cara fungsinya bisa  berubah menjadi oven normal (jenis konveksi), hanya dengan memutar kenop sehingga Anda dapat memanggang makanan.

Perbedaan Oven dan Microwave

Oven dan microwave memiliki perbedaan dalam hal fungsinya. Oven berfungsi untuk memanggang makanan dengan suhu tinggi. Ketika menggunakan oven, Anda harus mengatur suhu dan waktu pemanggangan. Oven bisa digunakan untuk mematangkan makanan mentah seperti adonan kue, daging atau ikan.

Sementara, microwave berfungsi untuk memanaskan makanan. Microwave cocok digunakan untuk memanaskan Frozen food seperti daging, sayuran atau lauk-pauk. Karena fungsinya yang hanya untuk memanjat, jadi microwave tidak bisa digunakan untuk memasak makanan mentah. Makanan mentah yang dimasak menggunakan microwave akan memerlukan waktu yang lama dan sulit untuk matang. Hal ini disebabkan karena panas dari microwave dihasilkan dari makanan itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *