Festival Pesona Budaya Minangkabau Dari Masa ke Masa

Salah satu cara seru untuk mengenal kebudayaan sebuah daerah adalah datang ke festival seni budaya.  Festival Pesona Budaya Minangkabau adalah salah satu event tersebut. Event Budaya Minangkabau akan dimulai  dari tanggal 17-20 November 2022. Bagi kamu yang berminat untuk mengunjunginya, kamu sudah bisa merencanakan untuk mendatangi  Rumah Basa Pagaruyung, Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Tapi sebelum kamu sampai disana, ada baiknya kamu mengetahui dulu, tentang latar belakang suku minang dan kemeriahan Festival Budaya Minangkabau tahun-tahun sebelumnya.

Asal Usul Suku Minang

Suku Minang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Minangkabau sendiri merupakan sebuah desa yang terletak di kawasan Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Sumatera Barat. Nama Minangkabau berasal dari kata minang yang artinya menang dan kabau yang artinya kerbau.

Dalam sebuah legenda yang beredar, sejarah nama Minangkabau sendiri berawal dari ekspedisi yang dilakukan oleh kerajaan Majapahit pada abad ke-16. Untuk mencegah peperangan yang menimbulkan korban jiwa, masyarakat setempat mengusulkan untuk mengadu kerbau milik mereka dengan kerbau Jawa milik pasukan Majapahit.

Pada waktu itu, pasukan Majapahit disebut membawa seekor kerbau yang besar dan agresif. Sedangkan masyarakat setempat hanya mengeluarkan seekor anak kerbau yang lapar. Namun, mereka memasang sebilah pisau pada masing-masing tanduk anak kerbau tersebut.

Alhasil, anak kerbau dengan sebilah pisau di tanduknya mampu mengalahkan kerbau besar milik pasukan Majapahit. Nama Minangkabau kemudian menjadi terkenal akibat peristiwa kemenangan tersebut. Demikian seperti diceritakan dalam buku Persamaan di Dalam Perbedaan Budaya oleh Retno Widyastuti.

Dalam Ensiklopedia Pelajar dan Umum yang ditulis oleh Gamal Komandoko, suku Minang sendiri berasal dari dua suku utama, yaitu suku Koto Piliang yang didirikan oleh Datuak Katumanggungan dan suku Bodi Chaniago yang didirikan oleh Datuak Parpatiah nan Sabatang.

Kedua suku tersebut berkembang menjadi banyak suku seiring perkembangan zaman. Di antaranya adalah suku Tanjuang, Chaniago, Koto, Piliang, Guci, Simabur, Sikumbang, Jambak, Malayu.

Budaya Suku Minang

Suku Minang yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki budaya yang unik. Sejak abad ke-14, masyarakat Minang banyak merantau ke pesisir Timur Sumatera hingga Negeri Sembilan, Malaysia. Hal inilah yang menjadikan masyarakat Minang terkenal dengan budaya rantaunya.

Suku Minang menganut sistem matrilineal, artinya garis keturunan berasal dari pihak wanita. Segala kekayaan dan nama keluarga akan diwariskan kepada kaum wanita. Dalam hal ini, wanita memegang peran dan tanggung jawab lebih besar dibandingkan laki-laki.

 Sejarah Festival Pesona Budaya Minangkabau 

Festival Pesona Minangkabau adalah event  wisata Budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat. Festival Pesona Minangkabau digelar dalam rangka mempromosikan keunikan budaya Minangkabau dan pesona wisata Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat sekaligus mendukung pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya dan sumber daya alam.

Keunikan Tanah Datar  Sebagai Lokasi Event

Tanah Datar yang menjadi lokasi festival ini ini merupakan kabupaten terkecil kedua untuk luas wilayahnya di Sumatera Barat, yaitu 133.600 Ha. Meski termasuk area kecil, Tanah Datar memiliki objek wisata yang cukup beragam, misalnya Istana Pagaruyung, Balairung Sari, Puncak Pato, Prasasti Adityawarman, Batu Angkek-angkek, Rumah Gadang Balimbing, Kincir Air, Batu Basurek, Nagari Tuo Pariangan, Fort van der Capellen, Batu Batikam, dan Ustano Rajo.

Pemecahan Rekor MURI

Festival Pesona Minangkabau dikenal sebagai salah satu perhelatan yang sering memecahkan rekor budaya. Pada tahun 2017 lalu, event ini berhasil memecahkan rekor arakan jamba terbanyak yakni 111 arakan. Tahun berikutnya, rekor minum kawa dengan tempurung terbanyak (4000 orang) juga berhasil dipecahkan. Yang terakhir adalah rekor pagelaran Talempong Pacik terbanyak dengan 1200 orang pemain.

Pada perayaan tahun 2021 pemecahan rekor Tari Piring virtual terbanyak. Wah, sepertinya keren sekali festival pesona Minangkabau 2021.

Dimanjakan Stand UMKM dan Kuliner Lezat

Selama dua hari, festival ini juga menyajikan Pagelaran Budaya Minangkabau serta Minangkabau Expo. Nah, lewat program tersebut pelaku seni, pariwisata, hingga UMKM bisa mempromosikan karya dan produk-produk ungg

ulan. Masih  ada  lagi agenda yang sudah jadi ikon Festival Pesona Minangkabau yakni Pagelaran Silat Minangkabau. Kegiatan ini juga dilangsungkan selama dua hari berturut-turut.

Buat yang bisa datang langsung ke lokasi, siap-siap mengunjungi Festival Kuliner. Ada banyak makanan khas Minangkabau tempo dulu yang dijajakan di Pasar Kuliner Minangkabau. Wah, pasti enak-enak banget dan bisa dibeli sebagai oleh-oleh, nih! Yang terakhir adalah lomba konsep pengembangan wisata nagari/desa.

Nah, seluruh kegiatan tersebut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong bangkitnya berbagai sektor industri di Kabupaten Tanah Datar. Tujuannya agar ekonomi yang sempat melemah akibat pandemi bisa pulih dan berkembang.

Event Festival Pesona Minangkabau 2022

Bagi kamu yang mempunyai waktu luang untuk datang di bulan November tepatnya pada tanggal  17-20 , kamu bisa mengunjungi event festival Pesona Minangkabau 2022.

Event Festival Pesona Minangkabau 2022 mengangkat budaya dan kearifan lokal yang ada di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Tanah Datar.

Pada kegiatan ini nantinya ditampilkan berbagai atraksi budaya unik yang ada dan masih berkembang ditengah-tengah masyarakat seperti makan bajamba, pawai budaya, seni tari dan lagu tradisional, pameran benda-benda pusaka dan juga pameran potensi pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Bagi kamu yang berkesempatan untuk datang ke festival ini, kamu juga masih bisa mengunjungi  tempat wisata menarik  dan memuaskan hasrat petualangan di Lembah Anai, Panorama Tabek Pateh, Danau Singkarak Bukit Batu Patah, dan Ngalau Pangian.

Jangan lupa, masih banyak event budaya lainnya di Indonesia, kamu hanya perlu mengunjungi  website Karisma Event Nusantara untuk memperoleh jadwal lainnya. Selamat menjelajah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *